Total Pageviews

Thursday, July 15, 2010

SEGORO ANAKAN DAN PANTAI GOA CINA(Segoro Anak Beach and Chinese Cave Beach)



Saya ingat ketika berumur 5 tahun, melihat Indonesia, dengan berbagai ragam budayanya yang sangat bervariasi, sangat senang dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Rasanya tidak lengkap jikalau nilai budaya-budaya yang dulu pernah saya rasakan itu kini tergerus oleh kemajuan jaman yang semakin edan. Dan ketika saya beranjak dewasa, mencoba menyusuri keindahan alam raya Indonesia(walaupun hanya berkisar Pulau Jawa dan Bali) saya sadar betapa indahnya Indonesia kita ini. Tetapi akhir-akhir ini, saya merasa Bumi Pertiwi sedang menangis, dikarenakan ada beberapa hal yaitu adanya penebangan hutan liar yang merusak ekosistem hutan sehingga terjadi global warming dalam jangka waktu tertentu, buruknya pengawasan dan adanya oknum dalam dinas perhutanan memudahkan para pembalak liar merusak hutan kita. Yang kedua budaya negeri kita sekarang beralih ke budaya korupsi yang sampai saat ini masih merajalela, pemerintahan dan hukum serta undang-undang yang fleksibel dan lagi didukung oleh oknum-oknum ynag tidak profesional membuat para koruptor tidak ada jera-jeranya mengais kekayaan negeri kita ini, dan lagi-lagi rakyat kecillah yang jadi korban. Sifat bangsa kita yang mudah terprovokasi oleh bujukan dan janji-janji palsu membuat negeri kita dipegang oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab penuh terhadap tugasnya, dalam bahasa kerennya kong kalikong:), tidak salah jikalau indonesia sekarang disebut hutan rimba, yaitu yang kuat berkuasa yang lemah makin binasa, memang terdengar kejam namun itulah hukum rimba yang sekarang menjadi budaya bangsa kita yang dulu terkenal dengan keramahtamahannya sekarang beralih menjadi terkenal dengan kebobrokan akhlak dan koruptornya. Cape ya ngomongin politik dan kehancuran, memang cape tapi siapa lagi yang memikirkan negeri kita tercinta ini kalo bukan kita.
setelah cape mikirin Indonesia, sekarang kita ganti aja jalan-jalan, :)


Pantai ini mirip film "the beach" by leonardo de caprio, namanya "Segoro Anak", letaknya dipulau Sempu, Selatan Pulau jawa, Malang Jawa Timur, letaknya sebelahnya pantai Gua Cina, beda tracknya, jika ke pulau sempu perjalan darat hanya sampai pada pantai sendang biru, kemudian diteruskan lagi menyeberang selat luat sekitar 15 menit menuju pulau sempu, kemudian diteruskan hiking sekitar 3/4 jam jika keadaan track kering, tapi jikalau tracknya basah, bisa-bisa mencapai 4 jam perjalanan kaki. Huft cukup melelahkan ya....di Segoro Anakan ini tidak ada lagi penjual minuman atau penjual apapun, dikarenakan pulau sempu termasuk cagar alam. Wisata ini cocok bagi seseorang yang berjiwa petualang dialam liar, cocok buat camping, disini masih banyak binatang liar yang menaungi pulau ini. Hati-hati jika anda melewati jalan setapak pulau ini banyak karang dan pohon berdurinya. Tapi track yang lumayan berat terbayarkan juga waktu anda sampai di Segoro Anakan ini, lihatlah keindahan alamnya, pasir putih yang lembut, air yang berkilauan dan pemandangan yang sangat mempesona, menjadikan perjalanan anda tidak sia-sia, usahakan untuk membawa kembali sisa-sisa makanan anda, karena daerah ini termasuk cagar alam, jadi kelestariannya harus dijaga dan agar kebersihanya selalu terjaga.












sengaja saya upload gambar-gambar wisata ini dengan maksud memajukan pariwisata indonesia.





hmmm......yang satu ini adalah PANTAI GUA CINA, letaknya sekitar 45 km dari Turen, Malang Selatan, Panorama yang eksotik sangat menarik dan indah, melihat matahari senja pada sore hari hmmm indahnya, apalagi ditemeni kekasih pujaan hati, romantis abis, hehehehe. Wisata pantai Gua Cina ini mempunyai dua kawasan wisata yang dibagi oleh bukit kecil yang ada guanya, yaitu "Gua Cina" begitu orang menyebutnya sehingga pantai ini dinamakan Wisata Pantai Gua Cina, nuansa ombak laut selatan yang besar masih melekat dipantai ini, terutama sebelah baratnya bukit gua cina, pasirnya putih lembut, tetapi hati-hati kondisi pantai yang agak menjorok kedalam dasar laut. Ketika saya berkunjung kesana bersama teman-teman, kebanyakan hanya turis domestik warga Malang saja yang kesana, mungkin dikarenakan pamornya dan pengiklanan kurang dikenal masyarakat luas, serta akses jalan yang agak berat kalau hujan membuat pantai ini agak sepi pengunjung. Tapi jika anda sedang liburan ke daerah Malang sekitarnya tidak ada salahnya mampir kepantai yang satu ini dijamin ga rugi deh......, mau tahu lebih jelas datang aja langsung :).

udah dulu ya nanti bersambung ke tempat - tempat yang eksotik lainnya......


1 comment:

  1. menarik mas bro,, pernah kesana dan kepengen balik lagi,,, hehehehee,,
    ato kapan2 mau join,,

    ReplyDelete